Selasa, 22 Januari 2013

“Perahu Kertas” Ajari Cinta Sejati

REP | 02 April 2012 | 13:24 Dibaca: 2060   Komentar: 21   3 menarik
Kenal sosok Dee? Hmm.. untuk Anda pecinta sastra Indonesia bisa dipastikan mengenal sosok ini, minimal pernah mendengarnya. Dee adalah nama pena dari Dewi Lestari, pentolan grup musik AB Three (ralat: RSD -Rida, Sita, Dewi-), yang memutuskan berkarir di dunia tulis menulis. Unik ya! Dari dunia panggung yang gemerlap, Dee malah sibuk di dunia kata-kata abstrak yang justru make her “more unique”. Saya orang yang mensyukuri imigrasi Dee ke dunia sastra, soalnya karya-karyanya ga pernah bosen dibaca, dan untaian kalimatnya, bener lho, kalo J.K Rowling adalah penyihir Inggris, maka Dee adalah penyihir Indonesia. ^^
So, dari sekian banyak buku-bukunya, -rata-rata sudah baca semua (meskipun hasil minjem)- ^^ “Perahu Kertas” is the most inspired book. Dari sekian buku Dee, di antaranya Supernova, Filosofi Kopi dll, yang rata-rata isinya sastra dengan bahasa tidak sulit sebenarnya tapi memukau mata hingga tetes terakhir, PerTas adalah novel cinta tapi tetap dengan gaya Dee. Tidak stensilan, tidak murahan, tapi justru “beda”. Kadang ya, kalo baca novel-novel cinta gaya anak muda zaman sekarang, intinya cuma ada dua proses. Proses jadi alay dan proses jadi galau. Hehe..
1333494151400391428 PerTas bercerita tentang dua anak muda yang baru lulus SMA bernama Kugy dan Keenan (dari namanya aja udah khas Dee banget! Ga biasa!) Kugy adalah sosok gadis cantik dan mungil yang tidak sesuai dengan luarnya. Suka dengan musik lawas (out of date banget lah), gaya serampangan, tapi suka sekali dengan dongeng. Bagi Kugy, Penyihir Nyi Kunyit, Pangeran Lobak dan tokoh khayalan lainnya membuat dirinya bernyawa. Beda dengan Keenan. Keenan adalah sosok tertutup. Tapi dia cerdas, artisttik dan penuh kejutan. Senang dengan kesendirian. Jiwanya adalah melukis tanpa batas. Tapi sayangnya terhalang keinginan Ayahnya sendiri.
Kugy dan Keenan bertemu pertama kali di Bandung. Ini tak lepas dari campur tangan Noni, sahabat Kugy, dan Eko, pacar Noni sekaligus sepupu Keenan. Berempat mereka menjadi sahabat tak terpisahkan, sampai malam Minggu pun ada acara nonton pas midnight segala. Kugy mulai mengagumi Keenan, dan begitu sebaliknya. Kugy merasa Keenan adalah pangeran impiannya, dan Keenan merasa Kugy adalah sosok yang membuat hidupnya menjadi tidak se’kering’ biasanya, semangat yang ingin terus dilihatnya.
Selain Kugy, Keenan, Noni, dan Eko, dalam PerTas juga banyak tokoh-tokoh lain. Seperti Ojos “Joshua”, pacar Kugy yang akhirnya hubungan mereka putusan karena Ojos merasa sikap Kugy yang berubah sejak adanya Keenan. Kemudian juga ada Wanda, sepupu Noni yang dijodohkan dengan Keenan dan sempat cinta mati dengan Keenan tapi akhirnya putusan juga.
Akhirnya, selama beberapa tahun Kugy dan Keenan terpisah. Menjalani hidup masing-masing. Keenan kabur dari rumahnya karena ingin jadi pelukis, ke tempat Pak Wayan, orang yang sangat mencintai ibunya. Keenan membawa serta buku pemberian Kugy, buku dongeng karangan Kugy berisikan Jenderal Pilik dan Pasukan Alit. Buku inilah yang menjadi sumber inspirasi Keenan. Di tempat ini juga, Keenan bertemu dengan Luhde (keponakan Pak Wayan), cewek Bali kayak malaikat yang sempat membuat Keenan jatuh cinta(?).
Kugy pun menemukan tambatan hatinya. Dia lulus lebih cepat. Menghindari Noni, sahabat terbaiknya, selama tiga tahun karena alasan yang tidak pernah Kugy ceritakan. Kugy pun bekerja di Jakarta, di sebuah perusahaan iklan, dan bertemu dengan Remi. Eksekutif muda, tampan, incaran semua cewek (pokoknya perfecto) dan sekaligus atasannya yang akhirnya menjadi kekasihnya.
Tapi memang sudah radar Neptunus ya. Kugy dan Keenan akhirnya bertemu lagi di pesta tunangan Noni dan Eko. Sempat merasa kehilangan pangeran dari Negeri Dongengnya, Kugy tidak percaya bahwa dia akan bertemu lagi dengan Keenan. Keenan pun juga merasa shock. Betapa dia merindukan sosok Kecil dan selalu menelepon Kugy di tiap malam tahun baru, walaupun berujung dengan missed call.
But, the show must go on. Walaupun Kugy dan Keenan saling mencintai, mereka tidak mungkin menyakiti hati-hati orang yang juga mencintainya. Ini adalah realitas, kata Kugy, bukan kehidupan di Negeri Dongeng.
Hmmm.. jadi akhirnya apakah Kugy dan Keenan akan bersatu? Hoho.. untuk membuat efek penasaran, lebih baik Anda segera pergi ke toko buku terdekat dan dapatkan PerTas sekarang juga. ^^ Saya pastikan, Anda tidak bakal menyesal.
Oh ya, PerTas juga mau dibikin film lho. Tokoh Kugy kecil adalah si ungu-unyu ‘Afiqa’. Kenal? Unyu-unyu ini adalah bintang iklan Oreo yang terkenal dengan slogannya “Haah .. Jayukk.. ” Wah, ga kebayang deh betapa imutnya Afiqa waktu adegan Kugy kecil bikin perahu kertas terus ngehanyutin di kali dekat rumahnya. I’ll wait ur film, Afiqa.






So, PerTas adalah novel yang bagus, bagus, bagus banget (Empat jempol buat Dee, yang dua jempol kaki^^). Tambah ga sabar nunggu filmnya. Semoga ntar filmnya ga bakal bikin enek yaa, takut syndrom film dari novel pasti kalah seru dari novelnya ~_~
Dan buat Anda, selamat pergi ke G**m***a ya.. Semoga bukunya masih ada. Dan jangan cengengesan sendiri atau malah nangis-nangis kejer pas baca. (N/B: Selalu baca di ruang privat, jangan pernah berani baca di ruang publik)
“Gy, jalan mungkin berputar, tapi satu saat, entah kapan, kita pasti punya kesempatan jadi diri kita sendiri.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar